1. Database Relasional merupakan suatu kumpulan hubungan dua atau lebih data yang mempunyai karakterisik umum  dan biasanya terintegrasi dalam bentuk suatu tabel. Item-item lain yang masih merupakan bagian dari suatu database akan membantu untuk memudahkan dalam mengatur dan menyusun suatu data sesuai dengan keperluan dan kebutuhan dalam suatu operasi database. Istilah database relasional pertama kali dikenalkan oleh Edgar Codd di IBM Almaden Research Center pada tahun 1970. Secara teori database relasional merupakan relasi-relasi data yang tersusun secara matematis, dimana relasi data tersebut secara terminologi mempunyai kesamaan dengan database SQL ( Structured Query Language ).

Relational database terminology.

  1. Primary Key merupakan suatu kunci utama yang mempunyai keunikan tersendiri sehubungan dengan database. Dalam penggunaanya pada suatu atribut, kunci utama dibuat secara tunggal, dimana dalam suatu atribut lebih baik kunci utama tidak digunakan secara berulang-ulang. Untuk memudahkan dalam pengelolaan database dan peng identifikasian pada umumnya, kunci utama digunakan pada atribut-atribut yang mempunyai keunikan nilainya.

Foreign Key merupakan suatu kunci referensi yang digunakan sebagai hubungan atau relasi untuk mengidentifikasikan dua atau lebih data. Dalam penggunaannya pada suatu atribut, foreign key tidak memerlukan nilai atribut yang unik. Efektifnya foreign key digunakan pada suatu relasi yang mempunya nilai atribut untuk membatasi suatu domain dari satu atau lebih atribut dalam relasi tersebut. Artinya foreign key yang digunakan dalam suatu atribut sebagai referensi data mempunyai nilai yang sama dengan atribut lain dalam relasi tersebut.

  1. Manfaat Query

Query memungkinkan seorang user untuk melakukan penggabungan (join) data dari satu atau lebih tabel, mengurutkan data dengan cara berbeda, menghitung field baru, dan menentukan kriteria untuk menyaring record tertentu. Dengan pemahaman tentang Query yang baik, tidak perlu lagi menyimpan semua informasi dalam suatu tabel, sehingga data atau suatu informasi bsa dilakukan normalisasi.

Hal yang penting dari Query itu sendiri adalah Query mengorganisasi data dari tabel kemudian membangun informasi tanpa melakukan perubahan pada tabel tersebut.

4. Diagram tabel Relationship


0 Responses to “basis data”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Desember 2016
S S R K J S M
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Bulan


%d blogger menyukai ini: