PENGELOLAAN RUMAH KOST PUTERI

“a Budiman home’s”

DISUSUN OLEH:

ANTONIUS BUDIMAN(NIM: 350 863 002)

DESKRIPSI

LOKASI KAMI

lokasi kami berada dekat dengan pusat aktifitas :

  • Universitas widyatama (UTAMA)
  • Universitas sangga buana (USB) YPKP
  • LP31 jalan pahlawan
  • Borma Swalayan
  • Alpamart
  • Yomart
  • warnet
  • Gedung perkantoran
  • Bisnis hotel

Ide pertama dari pemilihan lokasi ini adalah,kami selalu berada di lingkungan aktivitas tersebut

PERATURAN DAN TATA TERTIB PENGGUNA RUANGAN

Berikut kami  paparkan sebuah contoh peraturan

  1. Pengguna kost adalah berstatus single,puteri
  2. Pengguna kost adalah mahasiswi/pelajar dan karyawati
  3. Melampirkan KTP & Melaporkan  keberadaan orang tersebut  pada Rt setempat
  4. Membayar uang kost sebelum menempati
  5. Wajib  membayar air dan listrik sendiri
  6. Tidak membuat keributan
  7. Menjaga kebersihan
  8. Waktu kunjungan tamu dibatasi hari senin sampai jumat sampai dengan pukul 09:30 sedangkan hari sabtu minggu (week end) sampai dengan pukul 10:30

PERALATAN

  1. RUMAH KOST
  2. TEMPAT TIDUR
  3. LEMARI
  4. RAK
  5. KOMPOR DAN ALAT DAPUR
  6. MEJA KURSI UNTUK TAMU
  7. MEJA KURSI UNTUK MAKAN
  8. TELEVISI

PENYEDERHANAAN KONSEP DAN SIMULASI KAMI

Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah kewirausahaan,kami memutuskan untuk menganalisa pengelolaan Rumah kost  khusus untuk puteri “a’Budiman home’s “yang berlokasi dijalan Cukang kawung no 89 cikutra barat – bandung

demografi dari rumah kost  ini didominasi oleh masyarakat muda,jenis masyarakat ini sangat dinamis seiring kebutuhan mereka  untuk kebutuhan tempat tinggal sementara (rumah kost)

yang berbeda satu dan yang lainnya menjadi satu kebanggan buat kami untuk menyediakan dan mengelola rumah kost khusus untuk puteri

Target market kami adalah semua orang yang berusia dari 19 – 30 tahun,yang termasuk dalam jenis masyarakat muda.pengelolaan rumah kost puteri ini menjadi pilihan yang sangat tepat, karena lokasi  kami yang berada di sekitar sekolah,swalayan  ataupun  perkantoran

PENUTUP

a”budiman home’s adalah sebuah konsep baru,kami harap melalui  propektu ini semoga ada  investor yang tertarik  untuk bergabung bersama kami,atas waktu dan perhatian anda kami mengucapkan banyak terima kasih

hormat kami

a”budiman home’s management

SWOT ANALYSIS

Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari “kekuatan”/strengths, “kelemahan”/weaknesses, “kesempatan”/opportunities, dan “ancaman”/threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

STRENGTH

  1. Lokasi  strategis
  2. Harga yang bersaing dan relative lebih murah dengan rumah kost  yang ada disekitar kami
  3. Disediakannya fasilitas untuk konsumen :
  • Majalah untuk dibaca ditempat
  • Ruang tamu ( termasuk meja dan kursi )
  • Ruang dapur ( disediakan Meja dan kursi makan)
  • Tempat jemuran
  • Televisi
  1. Layanan yang cepat dan ramah
  • Promosi yang cukup gencar melalui brosur
  • Tersedianya jasa service

WEAKNESS

  1. Kurangnya fasilitas  seperti : internet,AC,Kulkas, Air  panas
  2. Tidak ada satpam
  3. Lahan parkir kendaraan yang sempit

OPPORTUNITY

  1. Tidak adanya rumah kost puteri yang fasilitasnya lengkap di sekitar lokasi kami
  2. Tempat aktifitas yang padat sehingga mahasiswi/pelajar/karyawan membutuhkan sebuah  tempat yang nyaman dan fasilitas yang memadai

HASIL OBSERVASI

Setelah menjalani  simulasi bisnis kami berhasil menarik kesimpulan sebagai berikut:

Mahasiswi/karyawan  cenderung untuk mencari daerah yang dekat dengan aktifitasnya sebagai mahasiswi/karyawan dalam memenuhi kebutuhannya layanan ramah dan keamanan yang baik  sangat diutamakan

a”budiman home’s  dalam praktenya menemukan bahwa suatu pengguna kost atau konsumen sangat menginginkan kenyamanan dalam menempati rumah kost  ,selain kenyamanan yang memang harus dijaga,ternyata masiswi/karyawan  juga memperhitungkan fasilitas yang kami sediakan sebagai compliemant dalam mmenempati rumah kost

KENDALA

Dalam menjalakan simulasi ini kami menemui beberapa kendala,yaitu:

Pergantian orang yang disebabkan karena  telah lulus kuliah atau menikah

SOLUSI: untuk masalah ini kami dapat melakukan promosi kembali atau  memasang tulisan “MASIH ADA KAMAR KOSONG” di tempat kami

Trauma mahasiswa/karyawan  karena “harga yang mahal” untuk kost ditempat yang sudah ada fasilitasnya

SOLUSI:gunakan marketing yang cara halus dan menjelaskan secara detail bahwa rumah kost kami lebih nyaman,aman dan murah

Lokasi diperkirakan cukup strategis karena dekat dengan lokasi sekolah,perkantoran  pada kenyataanya tidak begitu strategis dikarenakan mahasiswa banyak tidak tahu dimana sebenarnya a”budiman home’s berada

SOLUSI: peningkatan melalui  promosi dan penyebaran melalui brosur atau pengumuman di berbagai lokasi tersebut

Belum dapat memperkirakan biaya perawatan dan perbaikan yang mengakibatkan merasa keuntungan  tersebut terasa sangat besar

SOLUSI: mengecek barang atau peralatan yang rusak dan ketahan barang tersebut  disetiap harinya sambil mempelajari biaya perwatan dan perbaikan

PROMOSI

Kami lakukan dengan cara:

Menyebarkan brosur

Menempel pengumuman

LINGKUNGAN

Bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan adalah menyediakan tempat kost yang bersih,nyaman aman dan murah

SOSIAL

Kami coba untuk  memberikan kontribusi social dengan menerapkan iuran kebersihan dan keamanan  kepada pengguna kost  dan uang tersebut menjadi uang tambahan bagi petugas sampah dan petugas keamanan

FINANCIAL REPORT

LAPORAN KEUANGAN   DAN DAFTAR PENGGUNA RUANGAN KOST PUTERI a”budiman home’S

CONTOH LAPORAN KEUANGAN DALAM SATU BULAN
(per 1 januari 2009)
PEMASUKAN
NO Nama Ruang Lantai Pembayaran
tgl/bln/th Rupiah
1 Asih 101 lt.1 1-Jan-09 300,000.00
2 Adriani 102 lt.1 2-Jan-09 300,000.00
3 Anie 103 lt.1 3-Jan-09 300,000.00
4 Yeni 104 lt.1 4-Jan-09 300,000.00
5 Ita 105 lt.1 5-Jan-09 300,000.00
6 Seven 201 lt.2 6-Jan-09 300,000.00
7 Siti 202 lt.2 7-Jan-09 300,000.00
8 Raya 203 lt.2 8-Jan-09 300,000.00
9 Meta 204 lt.2 9-Jan-09 300,000.00
10 Lia 205 lt.2 10-Jan-09 300,000.00
TOTAL 3,000,000.00
CONTOH LAPORAN KEUANGAN DALAM SATU TAHUN
(Per 1 januari 2009 – 1 desember  2009)
PEMASUKAN
NO Nama Ruang Lantai Pembayaran
tgl/bln/th Rupiah
1 Asih 101 lt.1 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
2 Adriani 102 lt.1 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
3 Anie 103 lt.1 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
4 Yeni 104 lt.1 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
5 Ita 105 lt.1 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
6 Seven 201 lt.2 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
7 Siti 202 lt.2 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
8 Raya 203 lt.2 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
9 Meta 204 lt.2 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
10 Lia 205 lt.2 1/jan/09 s/d 1/des/09 3,600,000.00
TOTAL 1 tahun 36,000,000.00
PEMASUKAN
BIAYA RUPIAH KETERANGAN
PEMASUKAN PER  tahun 36,000,000 RP.3.000.000 x 12 BULAN
PEMASUKAN dalam 10 tahun 360,000,000 RP.36.000.000 x 10 TAHUN
PENGELUARAN
BIAYA RUPIAH KETERANGAN
pembelian rumah kost 165,000,000 MODAL  PERTAMA
Biaya Pembelian peralatan 15,000,000 MODAL PERTAMA
Biaya perawatan 15,000,000 Untuk 10 th kedepan
Biaya lain-lain 5,000,000 Untuk pengeluaran biaya tak terduga
TOTAL 200,000,000
SUMBER MODAL
NAMA RUPIAH KETERANGAN
ANTONIUS BUDIMAN 200,000,000
TOTAL 200,000,000
gross profit Dalam waktu 10 th Rp.160,000,000 Pemasukan dikurangi pengeluaran

0 Responses to “kewirausahaan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Desember 2016
S S R K J S M
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Bulan


%d blogger menyukai ini: